Senin, 25 Maret 2019

Pembukaan Latihan Combat Search And Rescue di Lanud Atang Sendjaja

BOGOR – Dalam kurun waktu Lima minggu kedepan, TNI Angkatan Udara khususnya awak pesawat Helikopter dan personel pendukungngnya akan melaksanakan Pelatihan Combat Search And Rescue (CSAR) di Lanud Atang Sendjaja.
Pelatihan ini merupakan program TNI AU, sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dan Profesionalitas awak pesawat Helikopter beserta pendukungnya dalam rangka melaksanakan tugas-tugas kedepan yang semakin kompleks, terutama dalam pelaksanaan misi pencarian dan peyelamatan.
Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Operasi dan Latihan Angkatan Udara (Kadisopslatau) Marsekal Pertama Jemi Trinsonjaya.M.Tr (Han) ketika membuka Pelatihan CSAR di Hanggar Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja, Jumat (22/3). Pembukaan kegiatan pelatihan ini ditandai dengan penyematan tanda peserta latihan kepada Kapten Pnb Arief Khoirudin dan Serda Pasukan Puji Mulyanto.
Lebih lanjut Kadisopslatau mengatakan bahwa pelatihan CSAR ini juga dimaksudkan untuk memberikan bekal dan pengalaman serta meningkatkan pemahaman dan kemapuan serta kerjasama antara Penerbang Helikopter yang mengoperasikan Alutsista dengan personel SAR Paskhasau, agar secara terpadu melaksanakan opersi Combat SAR yang memiliki kompleksitas yang tinggi.
“Saya berharap, dengan diselenggarakannya pelatihan ini, para peserta dapat mengambil pelajaran guna menambah pengetahuan serta ketrampilan untuk memperkaya maupun meningkatkan kemampuan profesionalisme baik perorangan maupun satuan”, ungkap Marsma TNI Jemi Trinsonjaya.
“Karena pelatihan CSAR ini akan melibatkan Alutsista dan personel serta menggunakan Ammo Life dalam latihan penembakan baik Gunnering maupun Rocketing, oleh sebab itu, seluruh pesera dan pendukung pelatihan tetap semangat dan serius dalam mengikuti setiap tahapan pelatihan, dan Lambangja harus menjadi prioritas utama dalam setiap pelaksanaan kegiatan,” pungkas Kadisopslatau.
Pelaksanaan pelatihan CSAR ini akan diisi dengan berbagai kegiatan baik teori maupun praktek, yang diawali dengan kegiatan Ground School yang bertujuan untuk membekali peserta latihan dengan pengetahuan tentang latihan yang dilaksanakan bersama, selain itu dilaksanakan Combat SAR, Rocketing dan Gunnering, yang akan dilakukan di wilayah Lanud Atang Sendjaja.
Hadir pada acara tersebut, Komandan Lanud Atang Sendjaja, Marsma TNI Erwin B. Utama, Kadislitbangau, Marsma TNI Rohmadi Saputro, Komandan Wing 4 Kolonel Pnb Muzafar, Para Kepala Dinas Lanud Atang Sendjaja, para undangan dari Mabesau, Wing I Paskhas, perwakilan PT. DI, Para Komandan Satuan, beserta Perwira staf Lanud Atang Sendjaja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar