Senin, 18 Maret 2019

Cougar Festival, Meriahkan HUT ke 57 Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja

BOGOR – Ribuan pasang mata sejak pagi hingga sore bergantian memenuhi Shellter Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja (ATS), Minggu (17/3).
Masyarakat berdatangan untuk menghadiri Cougar Festival
sebagai bagian dari HUT ke-57 Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja.
Komandan Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja, Letkol Pnb Kholiq Yulianto mengatakan, Cougar Festival 2019 dimulai sejak Sabtu (15/3), diawali dengan lomba memasak, parade band serta donor darah.
Sementara pada hari kedua ada pameran alutsita TNI Angkatan Udara,  fun aerobik, fly pass,  aeromodelling, cougar fun bike,  cougar fun walk dengan jumlah peserta mencapai 3.800 orang,  cougar bazaar, dan panggung hiburan.
“Khusus untuk pameran alutsita terdapat 10 unit yang dipamerkan. Mulai dari pesawat helikopter tempur hingga Basarnas. Dari lanud ATS ada 4 pesawat:  heli Nas 332 Cougar Super Puma dari Skadron 6, heli EC-725 Caracal Skadron 8 serta AW 139 dan Dauphin Basarnas untuk Lanud Suryadharma sebanyak dua unit heli EC 120 Colibry. Serta dari Halim heli Super Puma VIP dari Skadron 45 yang dijadikan sebagai helikopter Kepresidenan Republik Indonesia,” ujar Danskadron Udara 6 Lanud Ats.
Lebih lanjut Danskadron Udara 6 Letkol Pnb Kholiq Yulianto menjelaskan, peran Skadron Udara 6 bagi TNI AU sangat besar. Selalu membantu dalam misi search and rescue (SAR). “Setiap ada bencana kami selalu ada di depan. Khususnya dalam mengirim logistik maupun misi penyelamatan yang sulit dijangkau dengan alutsia lainnya. Kami ingin masyarakat tahu dan mengenal Skadron Udara 6,” ungkapnya.
Disela-sela kegiatan tersebut Komandan Lanud Ats, Marsma TNI Erwin Buana Utama mengatakan, Cougar Festival 2019 ini bertujuan untuk mendekatkan TNI AU dengan masyarakat menunjukkan sisi humanis tentara yang terus berkutat dengan latihan.
“Acara ini sangat dibutuhkan agar masyarakat mengetahui Indonesia punya militer yang persenjataanya sudah setara dengan negara-negara maju,” ujar Danlanud Ats.
Danlanud menambahkan bahwa kehadiran Skadron Udara 6 merupakan cikal bakal hadirnya skadron helikpoter lain di TNI AU.
Danlanud Ats juga menjelaskan, ke depannya akan ada tambahan beberapa unit pesawat helikopter untuk mendukung tugas-tugas operasi Lanud Ats.
“Kehadiran sejumlah pesawat baru akan menambah kekuatan armada Lanud Ats dalam melaksanakan tugas,” pungkasnya.
Walaupun Lanud Ats seketika dipenuhi dengan lautan manusia, namun sampai berakhirnya kegiatan “Cougar Festival 2019” dalam rangka HUT ke 57 Skadron Udara 6 Lanud Ats, berjalan dengan lancar, aman dan nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar