Selasa, 04 Juli 2017

Hakikat Idul Fitri: Pengendalian Diri, Kepedulian Serta Pemantapan Keimanan Dan Ketaqwaan



Keterangan gambar: Komandan Lanud Ats,  Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos ketika membacakan sambutan Kasau pada apel khusus dalam rangka Idul Fitri 1438 H, dan halal bi halal di Main Appron Lanud Ats, Selasa (4/7).
Lanud Atang Sendjaja, Selasa (4/7)
Tradisi halal bi halal adalah bagian yang sangat erat kaitannya dengan pelaksanaan perayaan idul fitri setelah menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh.  Dengan pelaksanaan halal bi halal, jalinan silahturahmi disertai dengan sikap saling memafaatkan khilaf dan salah merupakan momentum yang sangat bermanfaat bagi setiap umat manusia yang menjalaninya.

Sehubungan dengan itu, pada hari Selasa (4/7), Lanud Atang Sendjaja menyelenggarakan apel khusus idul fitri 1438 Hijriyah dan halal bi halal bertempat di Main Appron Lanud Atang Sendjaja, dengan pimpinan apel Komandan Lanud Atang Sendjaja, Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos. Pada pelaksanaan apel khusus idul fitri 1438 Hijriyah dan halal bi halal, Komandan Lanud Ats membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Udara.

Mengawali sambutannya, Kasau menyampaikan selamat hari raya Idul Fitri 1438 Hijriyah kepada seluruh warga Angkatan Udara. “Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya beserta keluarga mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1438 hijriyah kepada umat Muslim Angkatan Udara beserta keluarganya, minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan bathin, diserta do’a dan harapan, semoga ibadah puasa ramadhan yang telah kita laksanakan dapat memberikan semangat dan motivasi baru untuk menghadapi tugas-tugas kita selanjutnya, ungkap Kasau.

Dalam sambutannya, Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.  menyampaikan bahwa ibadah puasa ramadhan yang telah kita laksanakan dapat memberikan semangat dan motivasi baru untuk menghadapi tugas-tugas kita selanjutnya. “Ibadah puasa ramadhan yang telah dilaksanakan, pada hakikatnya merupakan hubungan yang bersifat vertikal dengan Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT”, terang Kasau. “Melalui ibadah puasa, lanjut Kasau, saya yakin kita semua berupaya untuk melaksanakan perbaikan, intropeksi diri serta mempertebal keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Sang Pencipta melalui permohonan ampun serta mengerjakan perintahnya dan menjauhi larangannya”.

“Oleh karena itu, idul fitri dan halal bi halal merupakan satu kesatuan yang utuh dan apabila kedua-duanya benar-benar dapat dihayati dan diamalkan, maka akan menjadi basis pembentukan watak kepribadian sebagai mahkluk ciptaan Tuhan, menuju ke arah yang lebih baik. Dengan demikian, makna idul fitri dan halal bi halal pada akhirnya akan menjadi nilai ibadah yang bermanfaat tidak hanya bagi diri sendiri tetapi juga bagi sesama”, ungkap Kasau.

“Dengan menghayati hakikat idul fitri, saya harapkan agar pengendalian diri, kepedulian, serta pemantapan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, dapat diwujudkan dalam pelaksanaan tugas-tugas selanjutnya, imbuh Kasau, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.   .

Kasau juga mengingatkan bahwa tugas TNI Angkatan Udara ke depan akan semakin berat, bila dikaitkan dengan kondisi kekuatan alutsista saat ini dengan luas wilayah yang menjadi tanggung jawab Angkatan Udara. “Meski dihadapkan dengan berbagai keterbatasan, terang Kasau, namun saya tetap optimis karena dengan semangat dan dedikasi tinggi yang selama ini telah ditunjukkan oleh seluruh prajurit dan PNS TNI Angkatan Udara, maka karya terbaik akan terus tercipta demi kemajuan angkatan udara.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kasau kembali mengajak warga Angkatan Udara untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, mempererat tali persaudaraan, menempatkan rasa persatuan dan kesatuan, serta yakin akan kemampuan diri sendiri dalam menghadapi tantangan tugas di masa depan.

Hadir dalam apel khusus dalam rangka idul fitri 1438 Hijriyah dan halal bi halal, Komandan Wingdikum, Kolonel Pnb. Zulfahmi, Komandan Wing 4, Kolonel Pnb. Hendro Arief H, S.Sos., Kepala Dinas Logistik Lanud Ats, Kolonel Tek Hendrison Syafril, ST, Kepala Dinas Personel, Kolonel Pnb. Andi. F. Picaulima, S.Sos, para Komandan Satuan Lanud Ats, Wingdikum, dan Paskhas, perwira staf, bintara, tamtama dan segenap PNS Lanud Atang Sendjaja, Wingdikum, dan Kompi C. Paskhas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar