Jumat, 25 Oktober 2013

“TIADA PENGHALANG BAGI KAMI”


 Kasenkom Lanud Ats Mayor Lek Susilo Hermawan, saat memberikan arahan pada staf
 untuk membalas perintah-perintah operasi.
 
  Latihan operasi komunikasi jajaran Diskomlekau dengan sandi “Omega” serentak dibuka oleh Paban V Diskomlekau Kolonel Lek Fujiyanto yang dipusatkan di Lanud Abdurrachman Saleh Malang  Rabu (23/10). Acara pembukaan tersebut bisa di monitor secara live di posko-posko Lanud Operasional TNI AU.

Latihan “Omega” ini baru pertama kali digelar di jajaran TNI AU. Latihan ini akan berlangsung selama tiga hari dengan mengedepankan line komunikasi tanpa batas dengan peralatan elektronik sehingga aktifitas dapat dilihat melalui layar kaca di setiap posko seperti halnya Posko Omega Senkom Lanud Atang Sendjaja di bawah komando Kepala Sentral Komunikasi Lanud Atang Sendjaja Mayor Lek Susilo Hermawan. 

 Menurut Kasenkom, latihan posko Omega Lanud Ats ini sepenuhnya didukung oleh Komandan Lanud Ats Marsekal Pertama TNI Eko Supriyanto mulai dari personel, peralatan, radia, serta perangkat lainya. Sedangkan personel yang terlibat aktif sebanyak 28 orang masing-masing memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam bidang elektronik seperti ahli  radio, Mc. Harad, Jarkombra, vikon telekomprence dan kepiawaian   membuat dan membalas berita. 

Tema dari latihan ini adalah “Tiada Penghalang Bagi Kami” yang berarti jauh dekat tidak masalah antara subyek dengan obyek komunikan baik prangkat lunak, prangkat keras apalagi pergerakan alutsista semuanya bisa dilihat secara audio sehingga jarak tidak jadi halangan. “Terang Kasenkom.” 

 Suasana Posko Omega Lanud Atang Sendjaja.

Menurut Kasenkom tujuan dari latihan Omega ini selain untuk  melatih dan menguji kemampuan system komunikasi di jajaran TNI AU dalam mendukung tugas, menguji penggunaan frekuwensi serta perangkatnya di jajaran TNI AU, juga menguji kemampuan berkoordinasi anrata satuan dengan menggunakan radio kunimikasi di jajaran TNI AU. 
   Personel Posko sedang mendengarkan perintah-perintah operasi melalui layar kaca secara live.
Sedangkan sasarannya adalah terwujudnya system komunikasi operasi yang handal di satuan jajaran TNI AU dalam mendukung tugas, terwujutnya mekanisme operasi pemberitaan dengan baik dan lancar dalam mendukung tugas, terwujutnya penarapan prosedur-prosedur komunikasi dengan tepat, terciptanya tingkat profesionalisme personel komlek dalam mengoperasikan peralatan komunikasi dan penggunaan prekuwensi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar