Senin, 07 Mei 2012

SURVIVAL DASAR SANGGA LANGIT LANUD ATS DIBUKA


 
Keterangan Gambar :

Komandan Lanud Atang Sendjaja Marsekal Pertama TNI Tabri Santoso, S.IP memeriksa pasukan serta kesiapan para peserta lainnya. (Poto Pentak Ats)



Sebanyak seratus dua puluh personel lebih, turut andil dalam latihan Survival Dasar “Sangga Langit “ TA. 2012 yang digelar Lanud Ats Bogor terdiri dari awak pesawat Perwira, Bintara dan Tamtama dari Skadron Udara 6, Skadron Udara 8 dan Skadron Teknik 024 serta staf lainnya di jajaran Lanud Atang Sendjaja yang akan berlangsung selama 4 hari dengan mengambil lokasi di Sukabumi Selatan dan sekitarnya, bertindak sebagai Direktur Latihan Kadisops Lanud Atang Sendjaja Kolonel Pnb Fachrizet, S.Sos.

Latihan Survival Dasar secara resmi dibuka oleh Komandan Lanud Atang Sendjaja  Marsekal Pertama TNI Tabri Santoso, S.IP, Senin (7/5) di Apron Lanud Atang Sendjaja.

        Komandan Lanud Atang Sendjaja Marsekal Pertama TNI Tabri Santoso, S.IP dalam sambutan pembukaan latihan mengatakan, dengan dilaksanakan Latihan Survival dasar diharapkan dapat meningkatkan kemampuan personel, khususnya awak pesawat dalam menghadapi keadaan darurat dan kondisi medan yang berat, sehingga mampu bertahan hidup baik di darat maupun di air.

        Lebih lanjut dikatakan Komandan Lanud selain itu, latihan juga untuk memupuk mental dan fisik serta jiwa juang yang kuat dalam menghadapi terjadinya kondisi darurat penerbangan yang dihadapkan dengan tugas-tugas operasi, dengan tujuan akhir dari latihan ini adalah agar kita semua dapat lebih mampu mengemban tugas pokok Lanud Atang Sendjaja yang semakin komplek dimasa mendatang, jelas Komandan Lanud.

        Latihan yang baik tentunya tidak hanya mempersiapkan peserta latihan untuk menghadapi kondisi normal, namun latihan juga ditujukan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan peserta dalam menghadapi kondisi yang tidak normal. Dalam konteks inilah latihan survival dasar perlu dilaksanakan guna mempersiapkan dan menyegarkan mental, keterampilan dan pengetahuan awak pesawat dalam mempertahankan hidup, apabila menghadapi kondisi yang tidak normal.  Latihan juga merupakan kesempatan untuk melatih kepemimpinan, manajemen, koordinasi dan kerjasama antar Komando Latihan, Pelatih dan pendukung.      

        Dalam Latihan Survival Dasar tersebut dibekali seperti ilmu Peta, ilmu Tumbuhan, Rapling, Shelter, kompas siang dan kompas malam, praktek memasak binatang tangkapan, penyeberangan basah, pelajaran sea survival, penggunaan perahu karet, berenang dengan live vest, bermalam di air, praktek siknal, dan praktek pemasangan panel, serta pelajaran flare smoke lainnya.

       

Latihan survival dasar Lanud Atang Sendjaja akan di pusatkan di Ujung Genteng Sukabumi dimana wilayah Ujung Genteng dan sekitarnya adalah satu-satunya tempat latihan (Zona Aman) yang dimiliki oleh Lanud Atang Sendjaja  sesuai dengan konsep pertahanan untuk meningkatkan profesionalisme personel Lanud Atang Sendjaja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar