Selasa, 29 Mei 2012

SIMULATOR SA-332 MERUPAKAN KARYA ANAK BANGSA


     Asops Kasau saat berada di dalam cockpit Simulator Helikopter Puma SA-332 di pandu oleh Letkol Pnb Taufiq Arasd { Foto : Pentak Lanud Ats }.


Asisten Operasi (Asops) Kasau Marsekal Muda TNI R. Agus Munandar pukul 07.30 Wib, tiba di Mako Wing 4 Lanud Atang Sendjaja, Senin (28/5),  di terima langsung oleh Komandan Lanud Atang Sendjaja Marsekal  Pertama TNI Tabri Santoso S.IP.

Asops Kasau melaksanakan kunjungan kerja ke fasilitas Simulator di dampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Elektro Mabesau Marsekal Pertama TNI Sumardjo beserta staf.

Sebelum meninjau fasilitas dimaksud Asops Kasau beserta staf terlebih dahulu mendapat paparan dari beberapa mitra kerja yang selama ini mulai dari awal membangun fasilitas Simulator pesawat Helokopter Super Puma Nas 332 yang merupakan produk anak bangsa.

Pembangunan fasilitas ini telah berjalan selama empat tahun sehingga secara fisik sudah lengkap mulai dari fasilitas pendukung hingga fasilitas utama dalam hal ini berbagai komponen yang di butuhkan telah tersedia untuk prasyarat melaksanakan uji terbang pada tahun lalu telah diresmikan oleh Kasau, pada tahun 2012 ini merupakan pengecekan komponen-komponen kecil sehingga tidak ada yang terlewat dan tidak ada yang tidak berfungsi sekecil apapun fungsinya sehingga pada akhir kerja sama tahap pengadaan pada bulan Juni ini.

Pihak PT Multi Karisma Perkasa dalam paparannya menyampaikan bahwa simulator ini merupakan kebanggaan anak bangsa karena murni hasil karya Indonesia, sedangkan untuk perawatan nantinya tetap merupakan tanggung jawab pihak mitra, sedangkan rekomponen sampai pada 15 tahun kedepann  masih di jamin oleh pihak mitra.

Usai acara paparan, Asops Kasau beserta pejabat lainnya melaksanakan uji terbang Pesawat Simulator dengan rute yang di lewati Ats-Hlm-Ats, Ats-Mabesau-Ats dengan melewati berbagai cuaca, kecepatan angin dan mencoba emergensi leanding.

Disampaikan pihak PT Multi Karisma Perkasa Sembilan puluh persen kondisi simulator ini telah tercapai hingga saat ini, di harapkan nantinya pada saat penyerahan secara fisik ke Wing 04 Lanud Atang Sendjaja  dalam hal ini TNI AU benar-benar kondisinya siap opersional seratus persen.

Di sela-sela kunjungannya Asops Kasau mengatakan, simulator ini merupakan kebanggaan dan harapan kita semua selain dari hasil karya anak bangsa juga merupakan fasilitas yang cukup mahal nilainya yang harus kita jaga kesiapannya setiap saat, sehingga jam terbang para penerbang-penerbang muda kita tetap terjaga keprofesionalannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar