Kamis, 10 November 2016

MEMPERINGATI HARI PAHLAWAN MOMEN REFLEKTIF UNTUK MEMBERI MAKNA ATAS PENGORBANAN PARA PAHLAWAN



Keterangan Gambar  : Komandan  Lanud Atang Sendjaja Marsma TNI Hari Budianto, saat membacakan sambutan Menteri Sosial RI pada  Upacara Memperingati Hari Pahlawan  Tanggal 10 Nopember 2016.   Bertempat di Main Aperon  Lanud  Atang Sendjaja Bogor.  (10/11).  (Foto :Pentak Ats).
Lanud Atang Sendjaja, Kamis  (10/11)



Setiap tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, sebagai momen reflektif  untuk  memberi  makna  atas  pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.  Peringatan tersebut didasarkan pada peristiwa "Pertempuran 10 November 1945" di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, dengan memakan korban jiwa yang sangat besar.

Peristiwa tersebut memberi kita pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah "politik ketakutan", melainkan "politik harapan". Bahwa seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan.  Pengalaman merebut dan mempertahankan kemerdekaan juga menunjukkan betapa spirit perjuangan   dan    mental   karakter   kepahlawanan memiliki daya hidup yang luar biasa dalam menghadapi berbagai rintangan dan penderitaan. Hal tersebut disampaikan Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa pada sambutan Upacara Memperingati Hari Pahlawan Tahun 2016  yang dibacakan Inspektur Upacara  Komandan  Lanud Atang Sendjaja Marsma TNI Hari Budianto. Bertempat di Main Aperon Lanud Atang Sendjaja Bogor. Kamis (10/11)

Lebih lanjut  Menteri Sosial RI mengatakan, peringatan Hari Pahlawan harus mampu menggali apinya, bukan abunya.   Dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi.  Semangat Kepahlawanan adalah semangat persatuan, persatuan yang bulat-mutlak dengan tiada mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan. Semangat Kepahlawanan adalah semangat membentuk dan membangun negara.   Setiap zaman memiliki tantangannya tersendiri. Dan oleh karena itu, setiap zaman harus mengembangkan respon kepahlawanan yang sesuai dengan zamannya.

 Setelah Indonesia merebut kemerdekaannya, Semangat Kepahlawanan tidak cukup hanya dengan mempertahankan patriotisme defensif, kita butuh patriotisme yang lebih positif dan progresif. Patriotisme sejati bukan sekadar mempertahankan melainkan juga memperbaiki keadaan negeri. Untuk keluar dari berbagai persoalan bangsa hari ini, patriotisme progresif dituntut menghadirkan kemandirian bangsa tanpa terperosok pada sikap anti-asing.   Dalam rangka mencapai perikehidupan kebangsaan yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur, patriotisme progresif harus mengembangkan ketahanan bangsa untuk bisa mandiri dalam ekonomi, berdaulat dalam bidang politik dan berkepribadian dalam kebudayaan.Sejalan dengan orientasi Trisakti tersebut, Pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden H.M. Jusuf Kalla hadir dengan menawarkan VISI transformative :   " Terwujudnya    Indonesia    yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong."

Dalam kerangka mewujudkan visi tersebut terah dirumuskan sembilan agenda prioritas pemerintahan ke depan yang disebut NAWA CITA. Kesembilan agenda prioritas itu bisa dikategorisasikan ke dalam tiga ranah; ranah mental-kultural, ranah material (ekonomi) dan ranah politik. Pada ketiga ranah tersebut, Pemerintah saat ini berusaha melakukan berbagai perubahan secara aksereratif, berlandaskan prinsip-prinsip pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.  Tegas Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa.

            Hadir pada upacara Upacara Memperingati Hari Pahlawan Tanggal 10 Nopember 2016, Danwing 4 Kolonel Pnb Hedro Arief H,S.Sos,Danwingdikum Kolonel Pnb Zulfahmi, S.Sos, Para Kadis, Komandan Satuan serta seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan  Pegawai Negeri Sipil  lanud Atang Sendjaja serta Wingdikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar