Rabu, 24 Agustus 2016

KADISOPS LANUD ATANG SENDJAJA BUKA “LATIHAN DASAR SAR UDARA PEMDA KABUPATEN BOGOR”




Keterangan Gambar  : Kepala Dinas Operasi Lanud Atang Sendjaja Kolonel Pnb Muzafar ,S.Sos.,MM  saat  menerima berkas penyerahan peserta latihan Dasar SAR Udara dari Pejabat Badan Penangulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Bogor Bapak Ma'mur usai pembukaan “latihan Dasar SAR Udara Pemda Kabupaten Bogor”. Bertempat di lapangan Dinas Operasi Lanud Atang  Sendjaja Bogor. (24/8).  (Foto :Pentak Ats).

Pentak Lanud Ats,  Rabu  (24/8).

       Kepala Dinas Operasi Lanud Atang Sendjaja Kolonel Pnb Muzafar ,S.Sos.,MM  mewakili, Komandan Lanud Atang Sendjaja Marsma TNI Hari Budianto.   membuka “latihan Dasar SAR Udara Pemda Kabupaten Bogor”.    Bertempat di Lapangan Dinas Operasi  Lanud Atang Sendjaja Bogor. Rabu (24/8).
       Dalam kata sambutannya Komandan Lanud Atang Sendjaja mengatakan    bahwa Pangkalan TNI Angkatan Udara Atang Sendjaja sebagai satuan pelaksana Komando Operasi TNI AU I  mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan operasi udara serta pembinaan satuan guna mendukung operasional TNI AU dan pembinaan potensi dirgantara. Selain itu Lanud Atang Sendjaja melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) untuk membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, bantuan kemanusiaan serta melaksanakan pencarian dan pertolongan kemanusiaan dan harta benda. Berkaitan dengan hal tersebut saya sangat mendukung pelaksanaan latihan Dasar SAR Udara Pemerintah Daerah kabupaten Bogor dilaksanakan di Lanud Atang Sendjaja.

         Lebih lanjut Marsma TNI Hari Budianto  menyampaikan, latihan Search and Rescue ini bertujuan untuk mempersiapkan fisik maupun mental bagi para peserta,  agar  mampu menghadapi   dan dapat mengatasi situasi   pada    saat   melaksanakan pertolongan terhadap korban yang mengalami  musibah akibat bencana alam.    Para peserta diharapkan mampu mengenali dan mengatasi berbagai bentuk hambatan, rintangan serta ancaman yang dihadapi saat melaksanakan pertolongan (SAR) serta dapat menjaga keselamatan dengan memanfaatkan keadaan lingkungan  atau  medan  yang  ada.   Untuk itu latihan Dasar SAR Udara  ini mutlak diperlukan bagi setiap tim SAR sebagai bekal dalam melaksanakan operasi SAR yang sebenarnya yang penuh    dengan    tantangan    dan    beresiko   tinggi.  
          Pada Akhir sambutannya Komandan lanud  Atang Sendjaja menekankan kepada para peserta latihan,  agar memanfaatkan seluruh rangkain kegiatan latihan ini dengan maksimal dan sebaik mungkin, patuhi    semua   ketentuan   petunjuk  dan perintah yang diberikan oleh para instruktur,  agar latihan ini dapat berjalan dengan tertib, aman dan  lancar sesuai dengan rencana latihan serta dapat mencapai hasil yang maksimal.      Kepada para instruktur, penitia  maupun para pendukung, saya sangat  mengharapkan agar seluruh jadwal kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, antisipasi, cegah dan hindari segala resiko yang dapat berakibat fatal, dan tingkatkan   terus    profesionalisme,   karena    pada   hakekatnya dengan latihan SAR ini diharapkan mampu meningkatkan disiplin dan percaya diri baik perorangan maupun kelompok, sehingga pada akhirnya nanti para peserta latihan bisa mengaplikasikan  kemampuannya  di  medan    yang sesungguhnya untuk memberikan yang terbaik sesuai misi (SAR) Search and Rescue. 

Hadir pada pembukaan “latihan Dasar SAR Udara Pemda Kabupaten Bogor”. Para Kepala Dinas,  Komandan Satuan, Tamu Undangan, dan Peserta “latihan Dasar SAR Udara Pemda Kabupaten Bogor”.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar