Selasa, 28 Januari 2014

PERWIRA SISWA SESKO TNI AU KUNJUNGI LANUD ATS



Kepala Dinas Opersi Lanud Atang Sendjaja Kolonel PNB Tarjoni saat bertukar cendra mata antara Lanud Atang Sendjaja dengan Lembaga Seskoau di Markas Komando Lanud Atang Sendjaja.  (Foto : Pen Lanud Ats.)      
  
          Sebanyak 40 Perwira Siswa Sesko (Sekolah Staf dan Komando) TNI Angkatan Udara yang bermarkas di Lembang Bandung Jawa Barat, melaksanakan Karya Wisata (Karwis) ke Lanud Atang Sendjaja, Rabu. (28/1).
Kunjungan tersebut di terima oleh Kepala Dinas Operasi Kolonel PNB Tarjoni, didampingi para pejabat Lanud Atang Sendjaja. Rombongan Karwis tersebut  dipimpin oleh Kolonel PNB Sarmanto,  para pejabat dan Perwira Penuntun jajaran Lembaga Seskoau.

            Komandan Lanud Atang Sendjaja dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Operasi Kolonel PNB Tarjoni memberikan penjelasan tentang sejarah berdirinya Lanud Ats.
            Lanud Atang Sendjaja dulu dikenal dengan nama Pangkalan Udara Semplak pada jaman Penjajahan Belanda dan Jepang sampai pada masa kemerdekaan. Pada tahun 1966 nama Pangkalan Udara Semplak diganti menjadi Pangkalan  Udara Atang  Sendjaja  diambil dari nama salah satu putra terbaik AURI yang berasal dari Daerah Jawa Barat “Letkol Anumerta Atang Sendjaja”.
            Pada Tahun 1965 Lanud Atang Sendjaja ini memiliki pesawat yang cukup banyak jumlahnya  merupakan  peninggalan Jepang sehingga Lanud Atang Sendjaja membentuk satuan Wing Operasi 004 membawahi  Skadron  Udara 6 sebagai angkut sedang mengoperasikan Pesawat Mi- 4,  Skadron Udara 7 sebagai angkut khusus mengoperasikan pesawat Mi-4, Sm-1 dan semua jenis  pesawat  Bell Trooper, Ranger Dan Iroquois. Skadron Udara 8 sebagai angkut berat mengoperasikan pesawat Mi-6 dan Skadron Teknik sebagai wadah untuk pemeliharaan alutsista yang dimiliki Lanud Atang Sendjaja.  
            Lanud Atang Sendjaja sekarang merupakan Lanud Tipe A berada di bawah  jajaran  Koopsau I. Skadron Udara yang ada di Lanud Atang Sendjaja secara organisasi berada di bawah Komandan Wing 4 Lanud Atang Sendjaja.
            Skadron Udara 6 mengoperasikan Pesawat Helikopter  Super  Puma Nas 332. Skadron Udara 8 mengoperasikan Pesawat Helikopter Sa-330 Puma. dan Unit Rotary Wing Basarnas mengoperasikan Pesawat Bolcow.
            Diarea Lanud Atang Sendjaja ini juga terdapat Insub Mako Wingdikum dan Jajarannya serta Batalyon Komando 467 Pashkas Kompi Senapan C.
Sementara itu Kolonel PNB Sarmanto sebagai pimpinan rombongan membacakan sambutan Komandan Seskoau antara lain. Tujuan utama dari Karya Wisata Pasis Seskoau Angkatan 51 tahun 2014 ini adalah untuk mengetahui tugas dan tanggung jawab serta  fungsi  Lanud Atang Sendjaja dalam mengemban tugas sebagai pertahanan Negara, selain itu juga bertujuan untuk mengumpulkan data tentang permasalahan-permasalahan yang di hadapi Lanud Atang Sendjaja selama ini sehingga para siswa nantinya akan membawa masalah ini untuk di diskusikan secara ilmiah di Lembaga Seskoau untuk mencari jalan keluar sehingga menjadi bahan masukan kepada pimpinan TNI Angakatan Udara kedepan.
Kunjungan ini berlangsung selama satu hari penuh. Selama di Lanud Atang Sendjaja para Perwira Siswa menerima paparan tentang asset seperti tanah TNI AU di Ujung Genteng, Cikalapa, Cibalimbing dan Puri Avia dan kunjungan ke asset-asset Lanud ATS seperti ke Rumpin, Skadron Udara 6 Sksdron 8, Skadron Teknik 024 dan fasilitas Simulator NAS-332 Super Puma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar