Sabtu, 08 Oktober 2011

SIMULATOR HELIKOPTER NAS-332 RESMI DIOPERASIKAN


Kasau Marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP., meresmikan penggunaan Simulator Helikopter NAS-332 Super Puma yang dikelola Fasilias Latihan (Faslat) Wing 4, Lanud Atang Sendjaja (ATS) Bogor. Kamis (29/9).

Dikatakan Kasau, Simulator NAS-332 Super Puma adalah full flight simulator jenis rotary wing pertama dimiliki TNI AU dan ditempatkan di Lanud Atang Sendjaja. Pembuatan Simulator NAS-332 pesawat NAS-332 Super Puma type L1 konfigurasi VIP dari Skadron Udara 17.

Pesawat helikopter buatan PT. DI  Bandung yang menggunakan engine Makila 1A1, selain konfigurasi VIP ada penambahan fasilitas latihan dalam simulator yaitu
berupa latihan hoist, sling, fast rope dan para troop merupakan kemampuan dari pesawat NAS-332 Super Puma type L1/C1 dengan konfigurasi tactical transport.

“Dengan adanya Simulator kita dapat mengurangi resiko kecelakaan dan efisiansi penggunaan jam terbang serta ekonimis”, jekas Kasau. 

Simulator NAS-332 mempunyai beberapa fungsi antara lain familirisasi konfigurasi cockpit pesawat NAS-332 Super Puma type L1/C1, familirisasi checklist normal dan emergency procedur mulai dari engine start sampai dengan engine shutdown, memberikan penerbangan dengan misi dan situasi tertentu, memberikan latihan navigasi serta memberikan latihan terbang instrument.

Kemampuan lain dari simulator NAS-332 Super Puma adalah mampu mensimulasikan adanya kerusakan pada system atau komponen utama pada saat latihan penerbangan dilaksanakan.

Full Flight simulator NAS-332 Super Puma merupakan peralatan elektronika yang terdiri dari hardware dan software yang bekerja secara integrasi untuk mengelola berbagai program data sehingga mensimulasikan performa pesawat NAS-332 Super Puma secara real time seperti instrument system, avionic system, visual system, motion system, aural cue system menyerupai performa pesawat yang sesungguhnya.

Pada kesempatan tersebut Kasau didampingi Kadispenau, Kadiskomlekau dan Danlanud ATS Marsma TNI Tabri Santoso, S.IP., mengunjungi fasilitas Broadband Learning Center (BLC) yang dikelola Lanud ATS hibah dari PT. Telkom yang ditempatkan di Penerangan dan Perpustakaan (Pentak) Lanud ATS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar